Jumat, 21 Februari 2014


SQLite adalah salah satu media penyimpanan yang terdapat pada sistem operasi Android. Biasanya digunakan utuk menyimpan data yang terstruktur dan bersifat transaksional.
SQLite tidak jauh berbeda dengan database MySQL. Cara mengolah datanya menggunakan query SQL.Namun tidak semuanya tipe data dan query pada MySQL dapat digunakan, karena keterbatasan memori pada perangkat mobile.
Beberapa waktu yang lalu, omayib sudah berbagi tutorial bagaimana cara membangun aplikasi menggunakan database SQL. Bagi anda yang belum pernah membuat SQLite, saya sarankan untuk melihat posting ini dan ini.
Kali ini, saya akan berbagi tips mengenai cara melihat data SQLite pada device atau emulator langsung dari eclipse melalui tampilan DDMS. Namun sebelumnya, kita perlu menambahkan plugin SQLite viewer ke dalam eclipse. Ada beberapa plugin yang bisa dipakai, antara lain 
  
1. com.questoid.sqlite.jar 
2. net.cellobject.sqlitexmlbrowser (yang kita pakai)

Pengalaman saya selama mengembangkan apikasi android, saya rekomendasikan untuk menggunakan plugin nomer dua karena relatif stabil untuk melihat database (.db , .sqlite3, dan sqlite). Selain itu bisa juga digunakan untuk melihat file preferences .xml.
Cara Menambahkan Plugin 

1. Download plugin (net.cellobject.sqlitexmlbrowser.jar)      
2. masukkan ke dalam folder eclipse / plugins  
3. restart eclipse

Cara Membuka SQLite dari DDMS 

1. Klik window > Open Perspective > DDMS    
2. pilih tab File Explorer > data > data > com.nama.package.aplikasi.kamu > databases
3. Klik namadatabase.db , kemudian klik tombol sqlite browser di sebelah pojok kanan atas


konten ini diambil dari http://omayib.com/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog and Visit...

- Copyright © IDBS: Islamic Digital Boarding School